Media & Informasi

BKI Ajak Stakeholders Tingkatkan Kualitas Pelayaran Indonesia

04 Juni 2023

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai induk Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey mengajak stakeholders pelayaran Indonesia untuk meningkatkan kualitas performa kapal niaga berbendera Indonesia yang berlayar ke luar negeri. Hal itu dikatakan Direktur Utama IDSurvey Arisudono Soerono dalam seminar bertajuk ‘Port State Control (PSC) Inspection Awareness’.

“Perlu kita sadari bahwa akan ada manfaat besar bagi kita jika Indonesia berada di posisi whitelist seperti sekarang ini. Sebab, posisi tersebut akan mendukung peningkatan kinerja logistik nasional dan ekspor/impor,” ujar Arisudono, dikutip Minggu (4/6/2023).

Dia meyakini, dengan peningkatan kinerja maka bisa menghadirkan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional khususnya ekonomi maritim.

“Untuk itu, perlu kita pertahankan dan tingkatkan baik performa keselamatan maupun keamanan kapal-kapal berbendera Indonesia,” kata Arisudono

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi anggota organisasi Port State Control (PSC) di area Asia-Pasifik yang dikenal dengan nama Tokyo MoU.

Berdasarkan Annual Report Tokyo MoU, Indonesia mengalami peningkatan kategori menjadi whitelist dalam kurun waktu 3 tahun dan Indonesia telah dinyatakan masuk kategori whitelist dalam Annual Report sejak 2020 sampai 2022.

 

hubungi kami untuk segala pertanyaan anda!
Telp: (+6221) - 4300139
Email: cs@bki.co.id
whatsapp