Media & Informasi

IDSurvey Melalui PT Surveyor Indonesia Turut Mensukseskan Peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA) Terbesar Se-Asia Sebagai Konsultan Pengawas Independen

19 Juni 2023

IDSurvey sebagai Induk Holding BUMN Jasa Survei ikut terlibat langsung dalam peluncuran Satelit Republik Indonesia (SATRIA) melalui PT Surveyor Indonesia sebagai Anak Perusahaan IDSurvey yang berlangsung pada Senin, 19 Juni 2023.

SATRIA adalah Satelit Multifungsi (SMF) yang dirancang khusus untuk koneksi internet. Satelit ini dibuat oleh perusahaan Perancis, Thales Alenia Space dan akan diluncurkan oleh roket SpaceX Falcon 9 di Cape Canaveral, Florida, USA. 

PT Surveyor Indonesia ditunjuk sebagai Konsultan Pengawas Independen (KPI) pembangunan satelit multi fungsi untuk tahap Desain & Konstruksi, dan nantinya akan dilanjutkan Tahap Operation & Maintenance.

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono turut hadir dalam peluncuran ini. Melalui tanggapannya, Haris mengungkapkan bahwa IDSurvey cukup memegang peranan penting pada peluncuran Satelit SATRIA yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas layanan internet publik melalui pemerataan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah 3T dan perbatasan. Melalui proyek ini diharapkan seluruh layanan pendidikan, fasilitas kesehatan, administrasi pertahanan dan keamanan, serta pemerintahan daerah di seluruh wilayah Indonesia dapat terkoneksi dengan internet. 

 “Peluncuran Satelit SATRIA akan menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia karena ini merupakan satelit multifungsi terbesar di Asia dan nomor 5 (lima) di dunia. Ini merupakan upaya Surveyor Indonesia dalam mendukung perkembangan infrastrktur Indonesia, khususnya di sektor telekomunikasi,” kata M. Haris Witjaksono

Direktur Utama IDSurvey Arisudono, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Surveyor Indonesia atas pencapaian yang sangat luar biasa ini dan membangggakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Satelit SATRIA memiliki beragam keunggulan, diantaranya berkapasitas 150 Gbps dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) frekuensi Ka-Band, dan dapat mencapai hampir 150 ribu titik layanan publik di seluruh wilayah Indonesia. Semoga dengan kerja keras ini IDSurvey dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas layanan publik dan memberikan konstribusi yang nyata untuk bangsa dan negara. 

Satelit SATRIA diproyeksikan akan mendukung jaringan komunikasi untuk 93.900 sekolah, 47.900 kantor pemerintahan daerah, 3.700 puskesmas, dan 3.900 markas polisi dan TNI yang sulit dijangkau kabel optik. 

 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berharap peluncuran Satelit Republik Indonesia atau Satria-1 berjalan dengan lancar sebab kesuksesan Satria-1 akan pintu untuk peluncuran satelit berikutnya. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Usman Kansong mengungkapkan bahwa setelah satelit Satria-1 telah menanti satelit internet lainnya, salah satunya adalah Hot Backup Satelite (HBS). Selain fungsi utamanya sebagai cadangan satelit Satria-1, pengadaan HBS bertujuan untuk menambah kecepatan internet sekaligus meningkatkan user experience dari masing-masing penguna layanan ini.

Tentang IDSurvey (Holding BUMN Jasa Survei)

IDSurvey Holding BUMN Jasa Survei terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia bergerak di bidang jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) dibentuk berdasarkan PP No.66 Tahun 2021 tanggal 5 Mei 2021 yang ditandangi oleh Presiden RI Joko Widodo dan diresmikan oleh Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansyuri pada 17 Desember 2021. 

Pada pembentukannya, Biro Klasifikasi Indonesia atau yang dikenal dengan BKI ditunjuk sebagai Induk Holding. Kementerian BUMN memberikan amanah pada IDSurvey untuk fokus mendukung penerapan Green Economy, memastikan penerapan tata kelola pertambangan, dan mendukung penerapan local content melalui sertifikasi TKDN. Disamping itu, BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia terus meningkatkan kompetensi dan pelayanan dalam sektor TIC.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

VP Sekretaris Perusahaan

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Jl. Yos Sudarso 38-40, Jakarta 14320 – Indonesia

Telp : +62 21 4301017

Email : crc@bki.co.id

Twitter & Instagram : @BKI_1964

Facebook & YouTube : Biro Klasifikasi Indonesia

 

hubungi kami untuk segala pertanyaan anda!
Telp: (+6221) - 4300139
Email: cs@bki.co.id
whatsapp