Media & Informasi

IDSurvey Mendukung Pelatihan Implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang diselenggarakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)

27 Maret 2023

IDSurvey sebagai pilot project perdagangan karbon BUMN mendukung pelatihan Capacity Building yang diadakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan tema Implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK) Perdagangan Karbon, ISO 14064 Series, dan Carbon Stock. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 27 Maret hingga 31 Maret 2023 bertempat di Learning Centre, Kampus I PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI). Dalam acara ini, turut hadir VP Strategic Business Unit Energi dan Industri IDSurvey, Agus Doddy Dwisagita dan Direktur Strategi PT Pelindo, Prasetyo.

Dalam pelatihan ini, IDSurvey menjadi fasilitator dan konsultan carbon accounting dengan memberikan presentasi pengalaman jasa industri dan gambaran decarbonization journey perusahaan sejak tahun 2021. Strategi percepatan implementasi dekarbonisasi ini merujuk pada Surat Edaran Menteri BUMN NO. SE-6/MBU/12/2022 yang memperhatikan rujukan Peraturan Menteri, seperti Permen LHK 21/2022 dan Permen ESDM 16/2022 tentang tata laksana NEK. 

Surat Edaran Menteri BUMN tersebut menginstruksikan untuk menyusun peta jalan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dan pemetaan inisiatif serta analisis kurva Marginal Abatement Cost (MAC) hingga tahun 2030. Selain itu, BUMN juga diinstruksikan untuk menganggarkan kebutuhan ini pada RKAP 2023, melaksanakan inisiatifnya, dan melaporkan secara tahunan tingkat emisi GRK kepada Kementerian BUMN.

Direksi IDSurvey yang diwakilkan oleh Agus Doddy Dwisagita selaku VP Strategic Business Unit Energi dan Industri mengatakan bahwa, “Hingga saat ini, IDSurvey telah berpengalaman dalam carbon accounting untuk BUMN pilot, dan harapannya Pelindo akan segera menjadi bagian dari rantai nilai partisipasi dalam ekosistem perdagangan karbon di Indonesia menyusul BUMN pilot.”

Setelah acara pembukaan dan penyampaian materi di hari pertama, acara ini akan dilanjutkan hingga hari ke-5 dengan materi Awareness Training untuk ISO 146004 series dan carbon stock. Di akhir acara, IDSurvey juga mengapresiasi dengan memberikan cinderamata kepada PT Pelindo dan narasumber untuk materi Ikhtisiar NEK serta perdagangan karbon di Indonesia.

IDSurvey berkomitmen untuk terus mengimplementasi percepatan dekarbonisasi dalam rangka mendukung program netral karbon 2060, salah satunya melalui kerja sama dengan sesama BUMN. Pada 4 April 2023 mendatang, IDSurvey juga akan melaksanakan sosialisasi ke seluruh BUMN dan afilisiasi, yang bekerjasama dengan Kemenkomarves, Kementerian BUMN, Kementerian LHK, dan Kementerian ESDM. Harapannya melalui kegiatan ini, upaya optimalisasi dekarbonisasi khususnya di lingkungan BUMN dapat tercapai dan masyarakat dapat teredukasi mengenai dekarbonisasi.

Tentang IDSurvey (Holding BUMN Jasa Survei)

IDSurvey Holding BUMN Jasa Survei terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia bergerak di bidang jasa Testing, Inspection, Certification (TIC) dibentuk berdasarkan PP No.66 Tahun 2021 tanggal 5 Mei 2021 yang ditandangi oleh Presiden RI Joko Widodo dan diresmikan oleh Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansyuri pada 17 Desember 2021. 

Pada pembentukannya, Biro Klasifikasi Indonesia atau yang dikenal dengan BKI ditunjuk sebagai Induk Holding. Kementerian BUMN memberikan amanah pada IDSurvey untuk fokus mendukung penerapan Green Economy, memastikan penerapan tata kelola pertambangan, dan mendukung penerapan local content melalui sertifikasi TKDN. Disamping itu, BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia terus meningkatkan kompetensi dan pelayanan dalam sektor TIC.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

VP Sekretaris Perusahaan

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Jl. Yos Sudarso 38-40, Jakarta 14320 – Indonesia

Telp : +62 21 4301017

Email : crc@bki.co.id

Twitter & Instagram : @BKI_1964

Facebook & YouTube : Biro Klasifikasi Indonesia

hubungi kami untuk segala pertanyaan anda!
Telp: (+6221) - 4300139
Email: cs@bki.co.id
whatsapp